Eksotisnya Kawasan Eko Wisata Telaga Tambing

Panorama Telaga Tambing di pagi hari

SETELAH dua jam menempuh perjalanan darat dari Palu atau sekitar 90 km ke arah Selatan, akhirnya tiba juga di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Di desa itulah kawasan Telaga Tambing terletak.

Tak ada gangguan yang cukup berarti selama dalam perjalanan menuju telaga tersebut, malah perjalanan itu cukup mengesankan. Jalan yang mulus dengan kelokan yang sisinya diwarnai pohon-pohon hijau nan asri serasa tak cukup untuk melelahkan perjalanan. Apalagi sapaan ramah penduduk di sepanjang jalan, menapikan pegal yang seharusnya terasa.

Sebelumnya di tahun 2009 saya pernah berkunjung ke telaga ini. Namun hari ini, suasana yang saya dapatkan sungguh sangat jauh berbeda. Dulu, untuk mencapai telaga, kendaraan harus diparkir di pinggir jalan, lalu melewati jalan setapak yang becek dan ilalang tinggi yang tak jarang melukai lengan.

Namun sekarang, suasana seperti itu tidak ditemukan lagi. Kawasan ini telah dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas. Jalan menuju telaga juga sudah dibuat permanen. Tak ada lagi ilalang yang jika tak waspada bisa menyambar pelupuk mata.

NANTI DIASMBUNG LAGI, NAROYO MATA EE…

Leave a comment